Definisi Manajemen Pendidikan
Definisi Manajemen Pendidikan
Manajemen berasal
dari bahasa latin kata “manus” yang artinya “tangan” dan “agere” yang berarti
“melakukan”. Kata-kata ini digabung menjadi “managere” yang bermakna menangani
sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperi apa yang diinginkan dengan
mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada. Menurut Kristiawan dkk (2017)
manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan,
dan memanfaatkan semua sumber daya yang
ada dalam organisasi dengan memanfaatkan
fungsi-fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Contriling) agar
organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien.
Pendidikan secara
etimologi berasal dari kata “paedagogie” dari bahasa Yunani, terdiri dari kata
“pais” artinya anak dan “again” artinya membimbing, jadi jika diartikan,
paedagogie artinya bimbingan yang diberikan kepada anak. Dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003 pasal 1
dan 3 “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keteramilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.”
Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan atau
rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok
manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan
sebelumnya, dengan memamfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan fungsi-fungsi
manajemen agar tercapainya tujuan secara efektif dan efisien (Kristiawan,
Safitri dan Lestari, 2017). Menurut Engkoswara, manajemen pendidikan ialah
suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang
baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakati
bersama (Rosita, 2014). Sedangkan menurut E.Mulyasa (2004), manajemen
pendidikan merupakan proses pengembangan kegiatan kerjasama sekelompok orang
untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Proses pengendalian
kegiatan tersebut mencakup perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, dan
pengawasan sebagai suatu proses untuk visi menjadi aksi.
Berdasarkan
beberapa pendapat diatas, maka manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai suatu
ilmu yang mempelajari mengenai tindakan-tindakan untuk mewujudkan suatu tujuan pendidikan dengan mengoptimalkan
segala sumber daya serta mengintegrasikan fungsi-fungsi manajemen dalam
prosesnya. Selain itu juga manajemen dapat diartikan sebagai pengelolaan
sumber-sumber guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, oleh karena itu
manajemen pendidikan memegang peranan
yang sangat penting dalam dunia pendidikan.
Tujuan dari adanya
manajemen pendidikan diantaranya:
· Terwujudnya suasana
belajar dan proses pembelajaran yang aktif, inoatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM).
· Terciptanya peserta didik
yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
· Terciptanya tujuan
pendidikan secara efektif dan efisien.
· Teratasinya masalah mutu
pendidikan.
Referensi :
Suhelayanti, dkk.
2020. Manajemen Pendidikan. Yayasan
Kita Menulis. Tersedia dari books.google.co.id.
Abdullah, Mohamad
Azmi dan Chong, Rista. 2014. Financial
Literacy: An Exploratory Reiew Of The Literature And Future Resarch. Journal
of Emerging Economies and Islamic Research. Vol. 2, No. 3.
Kristiawan M.,
Safitri D., Lestari R. 2017. Manajemen
Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
E. Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Comments
Post a Comment