Rangkuman Materi Manajemen Pendidikan

 

Rangkuman Materi Manajemen Pendidikan

1.  Manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan, dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada dalam organisasi dengan memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Contriling) agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Sedangkan Manajemen Pendidikan merupakan kegiatan menata, mengatur, dan mengelola pendidikan agar bisa mencapai tujuan dari pendidikan. selain itu juga manajemen pendidikan bisa diartikan sebagai suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan  yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan memamfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan fungsi-fungsi manajemen agar tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.

2.   Ciri khas Manajemen Pendidikan terfokus menjadi 3, yaitu pada tujuan, proses, dan orientasi. Ciri khas pada tujuan manajemen pendidikan yaitu bermuara pada tujuan pendidikan serta mendukung kegiatan pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Ciri khas dari proses manajemen pendidikan yaitu dilandasi sifat edukatif atau mendidik. Dan ciri khas dari orientasi manajemen pendidikan berpusat pada peserta didik dan bermuara pada kesuksesan perkembangan peserta didik.

3.    Menurut Siagian (Sulaksoso, 2015) Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan yang selalu terdapat hubungan antarsorang atau sekelompok orang lain yang disebut pimpinan dan seseorang atau orang lain yang disebut bawahan. Menurut Hasibuan (2011:120) Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Menurut Robbins (1994: 4) Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.  Berdasarkan beberapa pendapat ditersebut maka dapat disimpulkan bahwa organisasi ialah  suatu wadah yang terdiri dari berbagai macam unsur manusia yang saling bekerja sama dan saling menguntungkan serta bermanfaat untuk kepentingan bersama dalam pencapaian tujuan organisasi. Selain itu juga Organisasi dapat diartikan sebagai kesatuan susunan yang terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama, yang dapat dicapai secara lebih efektif dan efisien melalui tindakan secara bersama-sama, dimana dalam  melakukan tindakan itu ada pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab bagi tiap-tiap personal yang terlibat didalamnya untuk mencapai tujuan organisasi.

4.      Organisasi formal merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Organisasi formal memiliki peraturan tersendiri yang wajib diikuti oleh semua anggotanya, memiliki hubungan superior-bawahan yang jelas serta semua anggota memiliki tugas dan tanggung jawab khusus, contohnya sekolah. Sedangkan organisasi informal merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Organisasi informal tidak memiliki peraturan tersendiri, tidak memiliki sistem koordinasi dan wewenang, serta tidak memiliki hubungan atasan-bawahan. Contohnya : belajar bersama anak-anak sd.

5.      Konsep dasar kurikulum dapat diartikan secara sempit dan luas. Kurikulum dalam arti sempit dapat dijelaskan sebagai semua pelajaran baik teori maupun praktek yang diberikan kepada murid-murid selama mengikuti suatu proses pendidikan tertentu. Sedangkan kurikulum dalam arti luas dapat diartikan sebagai semua pengalaman yang diberikan oleh lembaga pendidikan kepada anak didik selama mengikuti pemdidikan.

6.      Tujuan Manajemen peserta didik terbagi menjadi 2, yaitu ada tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum manajemen peserta didik yaitu mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang belajar mengajar di sekolah. Sedangkan tujuan khusus manajemen peserta didik  menurut UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3 yaitu untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan psikomotor peserta didik; menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat peserta didik; menyalurkan aspirasi, harapan dan memenuhi kebutuhan peserta didik. 

Fungsi Manajemen peserta didik secara umum adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, segi sosialnya, segi aspirasinya, segi kebutuhannya dan segi-segi potensi peserta didik lainnya. Sedangkan fungsi manajemen pendidikan secara khusus yaitu sebagai pengembangan individual peserta didik agara mereka dapat mengembangkan potensi-potensi individualitas tanpa banyak terhambat, meliputi kemampuan kecerdasan, kemampuan bakat, dan kemampuan lainnya.

7.      Tugas dan fungsi tenaga pendidik yaitu sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat. Tenaga pendidik bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.Tenaga pendidik terdiri dari guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, pembimbing, dan supervisor. Sedangkan tugas dan fungsi tenaga kependidikan yaitu melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Tenaga kependidikan terdiri dari tenaga pendidik, tenaga fungsional kependidikan, tenaga teknis kependidikan, tenaga pengelola satuan pendidikan, dan tenaga administratif staf tata usaha.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH : Pendidikan sebagi Ilmu dan Seni

Kumpulan nama senyawa asam kuat , asam lemah, basa kuat, basa lemah.

sejarah, bunyi, dan uraian islah tsamaniyah